BAHAS MASALAH PT CONCH, KOMISI III DPR RI SAMBANGI POLDA SULAWESI UTARA

0
262

BAHAS MASALAH PT CONCH, KOMISI III DPR RI SAMBANGI POLDA SULAWESI UTARA 

MANADO, www.mediarajaalinewsonline.com .Humas Polda Sulut – Rombongan Anggota Komisi III DPR RI dengan Ketua Tim, Dr. Benny K. Harman, S.H., melakukan kunjungan kerja dalam rangka Masa Reses Persidangan V Tahun Sidang 2016-2017 di Polda Sulawesi Utara (Sulut), Senin (07/08), sore.

Tiba di Mapolda Sulut sekitar pukul 16.00 WITA, rombongan disambut langsung oleh Kapolda Sulut, Irjen Pol Drs. Bambang Waskito didampingi Wakapolda, Brigjen Pol Drs. Johanis Asadoma, M. Hum., bersama para pejabat utama. Usai penyambutan, rombongan menuju Ruang Tribrata lantai 3 Mapolda Sulut untuk menggelar pertemuan.

Dari beberapa agenda yang dibahas, salah satunya terkait masalah PT. Conch yang menyeret nama Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Yasti Soepredjo sebagai tersangka.

Ketua Tim dalam sesi wawancara dengan awak media mengatakan, penanganan perkara PT. Conch sudah dilakukan kajian secara seksama sebelum dilakukan langkah hukum dengan menetapkan yang bersangkutan (Bupati Bolmong) menjadi tersangka.

“Jadi tidak benar adanya tuduhan bahwa penetapan tersangka itu dilakukan secara semena-mena. Tetapi semua ada fakta hukum, ada dasar hukum untuk kemudian dijadikan dasar oleh jajaran Polda Sulut untuk melakukan proses hukum, termasuk menetapkan yang bersangkutan sebagai tersangka,” ujar Ketua Tim.

Sesuai penjelasan Kapolda Sulut dalam pertemuan, Harman menegaskan bahwa proses hukum itu dilakukan secara cermat. “Tadi kami tanya (kepada Kapolda Sulut), apakah sudah ada IMB-nya? dan ternyata sudah ada IMB-nya. Ya kalau sudah ada IMB-nya kan tentu langkah hukum yang dilakukan sudah on the right track,” jelasnya.

Terkait investor asing yang akan membuka usaha di Indonesia, asalkan memenuhi persyaratan yang berlaku, menurut Harman itu sangat penting. “Ini kan berkaitan dengan perusahaan asing, jadi kita ini membutuhkan investor asing masuk dan kita semua pemerintah termasuk jajaran penegak hukum wajib menciptakan iklim yang kondusif untuk itu. Coba bayangkan kalau kita sewenang-wenang dengan investor asing, ya investor pada lari semua,” katanya.

Diakhir sesi wawancara, Ketua Tim menyatakan dukungannya terhadap Polda Sulut dalam penanganan perkara PT. Conch ini. “Kami sepenuhnya mendukung langkah hukum yang dilakukan pak Kapolda di sini (Kapolda Sulut), sepanjang itu dilakukan sesuai dengan mekanisme hukum yang berlaku,” tandas Harman.Denis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here