DALAM PENGELOLAAN DANA DESA KEPALA DESA TALAGA KECAMATAN CARINGIN SUKABUMI TIDAK TRANSFARAN

Sukabumi (Jabar), Media RAJAWALISIBER – Kepala Desa Talaga, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi. dalam pengelolaan Dana Desa (DD) tahun 2019 tahap satu di duga terkesan tertutup pasalnya menurut salah satu masyarakat yang enggan disebutkan namanya menyampaikan kepada tim media Rajawalisiber akibat tidak transfarannya dalam pengelolaan Dana Desa (DD) dengan tidak memasang papan plang informasi atau prasasti pada kegiatan pengaspalan jalan talaga pasir angin menjadi kebingungan dan pertanyaan di tengah masyarakat.

“Pengaspalan yang di biayai Dana Desa (DD) tahun 2019 di duga tidak trasfaran karena dari mulai pekerjaan sampai selesai tidak di pasang papan plang informasi atau prasasti sehingga terkesan di tutup tutupi. menurutnya tindakan tersebut ada kesengajaan yang di lakukan oleh kepala Desa H.Aep guna untuk menutupi anggaran yang di tetapkan di APBDesa.

“Berkenaan dengan pemasangan plang nama informasi kegiatan itu telah diatur, serta di wajibkan sesuai undang-undang nomor 14 tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dengan bertujuan agar mewujudkan penyelenggaraan Negara yang baik ,yaitu yang trasfaran, efektif, efisien dan akuntabel serta dapat di pertanggungjawabkan sehingga masyarakat mudah melalukan pengawasan.

“Setiap pekerjaan yang tidak menggunakan papan plang informasi atau prasasti patut di curigai dan di duga bermasalah karena tidak di cantumkannya papan plang informasi tersebut, masyarakat sulit untuk mengawasi pekerjaan yang tujuannya sebagai peran serta masyarakat dalam pengawasan uang Negara agar tidak salah di pergunakan karena Dana Desa (DD) adalah tanggung jawab semua pihak untuk melakukan pengawasan, karena jika terjadi kecurangan tidak hanya Negara yang di rugikan melainkan nasyarakat yang menjadi korban utama “terang nya .

“Di Tempat berpisah saat di konfirmasi H.Aep selaku Kepala Desa Talaga membenarkan tidak ada papan plang atau prasasti di karenakan masih dan belum selesai ujar Kepala Desa . (Tim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *