Di Duga Limbah B3 PT Cakraindo Mitra Internasional Dibuang di  Gorong Gorong Hingga Mengalir Ke Kali Branjangan 

  • Whatsapp

Surabaya Jawa Timur, Media www.rajawalisiber.com – PT Cakraindo Mitra International didirikan pada tahun 2003, telah menjadi salah satu perusahaan regional dengan jaringan internasional.

Bisnis yang mengerjakan produk-produk Minyak Kelapa Sawit dan turunannya, berspesialisasi dalam produk Asam Lemak dan Gliserin , dan pasokan Industri mulai dari Karet, Ban, Tembakau, Perawatan Pribadi, Pengecatan, Lilin dan banyak lagi.

Dan dengan mengembangkan logistik terintegrasi untuk melayani dengan dengan nama Cakraindo Logistics. Yang juga menyediakan armada, gudang dan depot pembersihan isotank 24 jam setiap hari,

Jadi sudah jelas PT Cakraindo Mitra Internasional bergerak yang salah satu usaha nya adalah pembersihan atau cleaning isotank.

Isotank adalah conteiner yang berbentuk bulat selinder, digunakan untuk mengangkut barang yang berbahaya seperti bahan kimia cair maupun gas yang di hasil kan oleh produksi sebuah perusahaan.

Perusahaan yang dalam usahanya menghasilkan bahan kimia beracun atau bahan berbahaya dan beracun harus melakukan pengelolaan terhadap bahan dan limbahnya, Pemerintah menetapkan perusahaan wajib melakukan pengelolaan limbah B3 sesuai dengan Kepres RI RI Nomor 61 Tahun 1993 tentang Pengesahan Basel Covenntion on The Control of Transboundary movements of Hazardous Waste and Their Disposal.

Limbah kandungan zat kimia yang dikeluarkan dari pembersihan/pencucian atau cleaning isotank milik PT Cakraindo Mitra International diduga berbahaya bagi lingkungan, bahan-bahan mentah seperti Acid, Gliserin, Maskerol, Salmon Oil, Alkohol, dan kuat dugaan masih banyak lagi.

Sebagai mana kita ketahui, Acid salah satu bahan dasar untuk kosmetik atau untuk kecantikan. Atau salah satu bahan yang berbahaya jika mencemari lingkungan karena mengandung Asam Retinoat atau mengandung Merkuri.

Sedangkan Gliserin adalah cairan kental yang tidak berwarna jika dicicipi berasa manis. Bahan ini juga sebagai bahan dasar kecantikan bisa untuk pelembab kulit. Zat kimia ini termasuk bahan yang berbahaya jika mencemari lingkungan.

PT Cakraindo Mitra International pernah membuka usaha jasa pembersihan atau cleaning isotank di lokasi PT PIL (Prima Indonesia Logistik) di Pelabuhan Belawan Sumatra Utara, dan di daerah tersebut juga PT Cakraindo Mitra International melakukan pencucian/pembersihan atau cleaning isotank yang diduga kuat mencemari lingkungan di Belawan. Akibatnya, warga sekitar menjadi resah karena limbah tersebut langsung mengaliri parit.

PT Cakraindo Mitra Internasional juga membuka usaha Jasa di Desa Branjangan Surabaya tepatnya di Jl Osowilangun No.8D-9, dan redaksi rajawali Siber mendapat informasi dari warga bahwa ada limbah B3 yang mengalir di gorong gorong di depan Depo pergudangan PT Cakraindo Mitra Internasional tapi papan nama yang terpampang di situ DEPO OAK.

Dan saat tim jurnalis investigasi www.rajawalisiber.com klarifikasi ke pihak menajemen PT Cakraindo Mitra Internasional di temui dua perwakilan menejemen yang menyampaikan bahwa, ” Jasa cleaning isotank di depo PT Cakraindo Mitra Internasional sudah ada tempat wadah untuk menampung limbah tersebut.” Ucapnya.

Namun di saat tim investigasi sedang berbicara dengan dua perwakilan menejemen tiba tiba muncul seorang lagi yang juga mewakili perusahaan PT Cakraindo Mitra Internasional dan mengatakan, ” di depo PT Cakraindo mitra Internasional di sini tidak ada jasa cleaning isotank, yang ada hanya depo penitipan conteiner, tidak ada limbah disini mas, untuk terkait informasi bahwa di sini ada limbah, ini masih kita diskusikan.” Ucap perwakilan menejemen PT Cakraindo Mitra Internasional.

Setelah tim investigasi klarifikasi pada perwakilan menejemen PT Cakraindo Mitra Internasional, tim investigasi pun mencoba klarifikasi pada warga desa setempat namun warga tersebut mau memberikan informasi tapi memohon nama nya jangan di tulis sambil mewanti wanti pada tim investigasi, warga yang kebetulan dekat dengan depo PT Cakraindo Mitra Internasional menyampaikan, ‘” sudah sering mas limbah depo cakraindo di buang ke gorong gorong dan mengaliri kali branjangan dan mengalir ke laut. Sudah mas ya tolong nama saya jangan di tulis.” Jelas warga tersebut yang tidak mau namanya di tulis oleh tim investigasi www.rajawalisiber.com.

Dari fakta fakta temuan di lapangan tim pun melanjutkan untuk mencari informasi terkait ijin Amdal dan atau upl ukl serta sistem pengelolaan limbah yang di hasilkan dari jasa cleaning isotank PT Cakraindo Mitra Internasional, dan informasi yang di dapat oleh tim investigasi  www.rajawalisiber.com sungguh mengejutkan. Kuat dugaan jika ijin AMDAL atau pun UPL UKL milik PT Cakraindo Mitra Internasional tidak jelas ijinya. Bahkan Sistem Pengelolaan limbahnya juga meragukan. (Tim Investigasi Rajawali Siber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *