DISINYALIR ANAK BUPATI GRESIK BERI IJIN PENAMBANGAN LIAR GALIAN C DI KECAMATAN BENJENG

(Video diatas bagaimana penjelasan dari penambang bahwa semua ijin adalah itu urusan Anak Bupati Gresik)

Gresik Jawa Timur, Media RAJAWALISIBER-Dampak buruk yang dihasilkan dari aktivitas ilegal galian C. bahkan, membuat kerugian besar bagi masyarakat di sekitarnya. meskipun aktivitas ilegal galian C itu dimanfaatkan sebagian warga untuk keperluan pembangunan, tetap saja kegiatan tersebut bertentangan dengan peraturan yang ada.

Galian C ilegal menyebabkan dampak negatif terhadap aspek sosial, ekonomi, dan ekologi. Secara umum dalam analisa lingkungan, dampak dari suatu kegiatan diartikan sebagai perubahan yang tidak direncanakan akibat aktivitas kegiatan.

Dampak negatif yang ditimbulkan karena penambangan bahan galian C terhadap masyarakat sekitar ialah semakin menurunnya debit air sumur, abrasi sehingga banyak tanah/rumah masyarakat, dan merusak habitat, merusak infrastruktur dan merusak daerah aliran sumber resapan air.

Pihak pihak terkait dalam hal ini BLH Kabupaten Gresik seharusnya bisa menindak secara tegas para pelaku galian C ilegal ini, seperti penambangan liar tampa ijin pada pihak yang berwenang, jangan karna ada anak Bupati dan kroni kroninya sehingga tidak berani bertindak secara hukum yang berlaku, jangan sampai terkesan hanya tajam kebawah namun tumpul keatas.

Saat ini aktivitas galian C di Gresik sudah sangat memprihatinkan, ditambah adanya beberapa penambangan galian C yang menyalahi prosedur karena dilakukan tanpa perencanaan dan tanpa izin pemda setempat.

BLH Kabupaten Gresik seharusnya melakukan koordinasi dengan sejumlah instansi terkait agar penindakan terhadap pelaku galian C ilegal dapat dilakukan secepat mungkin.

Namun biasanya larangan itu tidak digubris para pelaku tambang ilegal. Bahkan, Dinas dinas terkait dinilai belum mampu melakukan penertiban terhadap aktivitas tersebut.

Berdasarkan informasi yang diperoleh team Investigasi RAJAWALISIBER Galian C di daerah kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik sudah semakin liar dan menjadi jadi apalagi ada temuan team Investigasi bahwa Galian C di lahan tersebut sudah seijin anak Bupati Gresik, sebagaimana pengakuan oknum oknum pelaku tambang galian C tersebut seperti yang ada dalam video diatas. Red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *