GEDUNG SDN CIJENGKOL RUSAK PARAH PIHAK DINAS PENDIDIKAN TUTUP MATA

0
274
-- IKLAN --

Sukabumi,(Jabar) RAJAWALISIBER, (13/05/2019)- Bangunan sekolah SDN yang sangat memperihatinkan dan membutuhkan uluran bantuan dari instansi terkait karena keadaan Sekolah tersebut sudah harus di renovasi, Sekolah Dasar itu terletak di Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi.

“Sekolah tersebut sudah tidak layak untuk dijadikan sarana Pendidikan karena kondisi bangunannya yang memang banyak mengalami kerusakan, diantarnya kerusakan terjadi pada bagian atap ruang kelas. Akibatnya, ruangan tersebut kerap bocor setiap turun hujan. selain itu, kusen/kayu  yang sudah lapuk, serta lantai yang tidak layak.

“Ketika masuk ke dalam ruangan kelas, terlihat mebeler untuk belajar para murid pun sudah rusak. Tak beda jauh dengan ruang perpustakaan, atap ruang kelas pun dalam keadaan rusak dan fasilitas lainnya, termasuk toilet sangat tidak berfungsi. Dengan demikian jelas kurang ketatnya pengawasan para pengawas SD tersebut, sehingga  belum tersentuh uluran bantuan dari instansi terkait.

“Kepala Sekolah SDN Cijengkol, Marni Juarni Sp.d  mengatakan, kerusakan gedung Sekolah dan ruang belajar sudah berlangsung sejak lama, sebelum dirinya menjabat menjadi Kepala Sekolah. Dia mengaku, pihaknya telah mengajukan bantuan perbaikan kepada Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi, namun hingga kini belum terealisasi. “Kondisi gedung ruang kelas dan Perpus serta ruang guru  dikhawatirkan bisa roboh sewaktu-waktu,” kata Kepala Sekolah kepada rajawalisiber.com, Senin  (13/5). “Kami berharap Pemerintah untuk segera meminta merenofasi gedung ini, agar anak-anak nyaman dalam belajar, ”tambahnya.

“Bahkan di tahun 2017 sudah diadakan Bintek namun tidak terealisasikan juga”. papar guru kelas V. Dan ditambahkan oleh Aceng selaku tokoh masyarakat dan sekaligus alumni sekolah tersebut, bahwa gedung SDN Cijengkol, dengan kondisi ruang kelas bocor dan keadaan hampir semua rusak, ditambah dengan keberadaan perpus, dan toilet siswa yang sudah tidak layak pakai. Akibatnya, kegiatan belajar mengajar (KBM) juga menjadi tidak maksimal “ungkapnya”.

“Kendati begitu, kata dia, bangunan sekolah tersebut pernah diperbaiki pada tahun 2009 Namun, kondisinya saat ini rusak parah. Aceng berharap pihak Pemerintah khususnya Dinas Pendidikan kabupaten Sukabumi lebih memperhatikan Sekolah kami.”Pungkasnya”.

“Sementara itu Kepala Desa Cijengkol, Haer mengakui keadaan bangunan, SDN Cijengkol sangat memprihatinkan. pihaknya berjanji akan segera berkoordinasi dengan pejabat Dinas Pendidikan Sukabumi untuk proses perbaikan gedung Sekolah yang diharapkan terealisasi tahun ini.
“Kami sangat prihatin dengan kondisi itu, karena ini tidak layak untuk kegiatan belajar mengajar,” imbuhnya” (Erna/Beng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here