KANG U’U JANJIKAN PROGAM PEMBERIAN MODAL UNTUK USAHA KECIL MENENGAH (UKM)

0
71

“Pengalaman kami di kabupaten Tasikmalaya membina dan membangkitkan UKM membuat UKM berjalan dengan baik sehingga meningkatkan daya beli masyarakat, menyerap tenaga kerja, dan mampu menahan laju inflasi daerah,” 

BOGOR Jawa Barat, Media RAJAWALISIBER- Calon Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 1, Uu Ruzanul Ulum mengatakan dirinya akan memberikan perhatian terhadap para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Jawa Barat salah satunya adalah dengan memberikan pembinaan.

Uu mengungkapkan membina pelaku UKM untuk berkembang adalah penting karena akan memberikan banyak dampak diantaranya menahan laju inflasi suatu daerah, meningkatkan daya beli masyarakat dan menyerap banyak tenaga kerja.

“Pengalaman kami di kabupaten Tasikmalaya membina dan membangkitkan UKM membuat UKM berjalan dengan baik sehingga meningkatkan daya beli masyarakat, menyerap tenaga kerja, dan mampu menahan laju inflasi daerah,” kata Uu usai mengunjungi pelaku UKM, pengrajin mute kerudung di Desa Parigi Mekar, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, Sabtu (21/4/18) sore.

Dia menambahkan peranan UKM dalam menahan laju inflasi suatu daerah telah terbukti saat dirinya menjabat sebagai Bupati di Kabupaten Tasikmalaya dimana dengan berkembangnya perekonomian di bidang UKM membuat Kabupaten Tasikmalaya menjadi daerah paling rendah inflasinya dibandingkan daerah lain.

“Ada 32.000 UKM yang kami bina, kami perhatikan. Dengan pembinaan UKM itu, Kabupaten Tasikmalaya menjadi sebuah daerah yang inflasi daerahnya paling rendah di Priangan Timur karena banyak sesuatu yang tadinya bukan uang jadi uang. Oleh karena itu kami akan memberikan perhatian kepada para ekonomi kreatif atau UKM di wilayah Jabar dengan berbagai macam cara,” kata Uu.

Untuk membina UKM di Jabar agar berkembang, UU telah memiliki cara-cara yang efektif. Setidaknya ada empat langkah yang akan dia lakukan untuk membina para pelaku UKM jika terpilih menjadi Wakil Gubernur Jawa Barat.

“Yang pertama harus diberikan dulu pendidikan supaya mereka memiliki wawasan yang hebat, kemampuan yang hebat sehingga hasil karyanya bisa lebih bernilai sesuai keahliannya masing-masing Misalnya disini produknya mute ya kita kasih pendidikan, keahlian yang berkaitan dengan kerajinan mute,” kata Uu.

Langkah selanjutnya setelah para pelaku UKM mendapatkan pendidikan yang akan dilakukan UU adalah memberikan modal. Modal diberikan bukan hanya sekedar bertujuan untuk memberikan modal tetapi juga bertujuan untuk melindungi mereka dari para pemilik modal.

“Saat punya keinginan tapi tidak punya modal ini akan dimanfaatkan para pemodal yang sering tidak wajar dalam pembagian pengambilan untungnya. Jadi harus diberikan modal,” kata Uu.

Selanjutnya yang akan dilakukan oleh Uu dalam membina dan menumbuhkan kembangkan UKM adalah membantu pemasaran. Menurut Uu sehebat apapun produk UKM kalau pemasaran tidak dibantu dan difasilitasi oleh pemerintah maka akan sulit berkembang.

“Terakhir yang keempat stop dulu produk yang diluar sebelum disini laku. Misalnya di Bogor ini ada mute maka stop dulu produk yang diluar Bogor sebelum mute disini laku,” kata Uu.

Selain telah memiliki langkah untuk mengembangkan UKM, Uu juga mempunyai cara untuk merangsang tumbuhnya UKM baru diantaranya dengan mengadakan pameran UKM. Dengan adanya pameran Uu yakin akan mengundang pelaku UKM baru.

“Kalau tidak diawali penglihatan mereka tidak akan tertarik. Seperti rasa cinta tumbuh karena adanya penglihatan, dari mata turun ke hati begitu juga rasa suka rasa ingin menjadi pelaku ekonomi itu berawal dari penglihatan pendengaran dan didorong oleh pemerintah,” tutup Uu. (Fito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here