Kapolri Resmikan Kenaikan Pangkat 77 Pati

  • Whatsapp

JAKARTA Indonesia, Media www.rajawalisiber.com – Mabes Polri menggelar upacara korps rapor kenaikan pangkat 77 perwira tinggi (pati). Ada tiga inspektur jenderal polisi (irjen pol) yang sore ini resmi menyandang pangkat komisaris jenderal polisi (komjen pol), salah satunya Kepala BNPT Boy Rafli Amar.

“Dalam korps rapor kali ini, ada tiga kenaikan dari Irjen ke komjen, di antaranya Komjen Boy Rafli sebagai Kepala BNPT, Komjen Andap Budi Revianto selaku Inspektur Jenderal Kemenkum HAM, dan Komjen Rycko Amelza Dahniel sebagai Kabaintelkam Polri,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Jakarta, Rabu (20/5/2020).

Upacara kenaikan pangkat ini dipimpin Kapolri Jenderal Idham Azis, selaku inspektur upacara. Upacara digelar di Rupatama Mabes Polri sekitar pukul 16.00 WIB.

Awi menjelaskan korps rapor ini sebagai kelanjutan dari Surat Telegram Rahasia (STR) yang dikeluarkan Idham pada 1 Mei 2020. STR yang dimaksud antara lain ST/1377/V/KEP/2020, ST/1378/V/KEP/2020, ST/1379/V/KEP/2020, ST/1380/V/KEP/2020, ST/1381/V/KEP/2020, ST/1382/V/KEP/2020, dan ST/1383/V/KEP/2020.

Sementara itu, ada 30 pati yang dinaikkan pangkatnya dari brigadir jenderal polisi (brigjen pol) menjadi irjen pol. Mereka antara lain AS SDM Kapolri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan, Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, dan Kakor Sabhara Baharkam Polri Irjen Wahyudi Hidayat.

Kemudian ada Kandesus 88 Polri Irjen Marthinus Hukom, Gubernur Akpol Irjen M Asep Syahrudin, serta 10 Kapolda yang tipe poldanya baru dinaikkan dari tipe B menjadi tipe A.

Brigjen Awi selanjutnya menerangkan ada 44 perwira menengah (pamen) yang ‘pecah bintang’ dari komisaris besar polisi (kombes pol) ke brigjen di antaranya adalah Karo Binkar SSDM Polri Brigjen Suwondo Nainggolan, Direktur Tindak Pidana Khusus Bareskrim Polri Brigjen Helmy Santika, dan dirinya sendiri.

Brigjen Awi menambahkan upacara korps rapor hanya dihadiri oleh pejabat yang berdinas di Jakarta. Untuk pati yang berdinas di luar Jakarta mengikuti upacara melalui virtual di tempat atau Mapolda masing-masing.

Dia memastikan upacara korps rapor sesuai dengan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penularan virus Corona (COVID-19). Para peserta korps rapor menjalani rapid test sebelum memasuki aula Rupatama Mabes Polri.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *