Meningkatkan Profesinal dan Kinerja Prajuritnya, Kodim 1702 Jajawijaya Gelar Apel Danramil-Babinsa Tersebar TA 2020

  • Whatsapp

Media www.rajawalisiber.com – Sebagai upaya meningkatkan Pembinaan Teritorial  (Binter) Personelnya Kodim 1702/Jayawijaya menggelar apel Danramil dan Babinsa tersebar tahun 2020, bertempat di Lapangan upacara Makodim.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari terhitung sejak tanggal, 02 s/d 04 Desember 2020 tersebut mengusung tema “DANRAMIL DAN BABINSA SIAP MENDUKUNG TUGAS TNI AD DALAM PENANGANAN COVID 19, PEMULIHAN EKONOMI DAN MENSUSESKAN PILKADA SERENTAK TA 2020,”.

Diawali dengan laporan oleh perwira yang ditunjuk, kemudian dilanjutkan pemakaian tanda peserta apel Danramil-Babinsa oleh Dandim 1702/Jayawijaya.

Dalam sambutannya Dandim 1702/Jayawijaya Letkol Inf Candra Dianto, SH mengingatkan kepada para Danramil dan Babinsa agar selalu menjaga kesehatan diri dan keluarga masing-masing, dengan cara melaksanakan olahraga secara rutin setiap hari dan menerapkan pola hidup sehat.

Selain itu, Dandim juga menginstrukiskan kepada para Babinsa agar terus mensosialisasikan sekaligus memantau perkembangan wilayahnya terkait dengan penyebaran Covid-19, sehingga apabila ada informasi segera bisa ditindaklanjuti dengan cepat dan tepat.

Lebih lanjut Dandim memberikan penekanan  agar anggota tidak ada yang boleh berpolitik dalam Pilkada, karena sudah jelas bahwa TNI Netral. Netralitas TNI adalah harga mati,” tegas Letkol Candra.

Setelah pembekalan oleh Dandim 1702 dilanjutkan pemberian materi diantaranya tentang Penyalah Gunaan Narkoba hingga dampak Hukum oleh Kasat Narkoba Polres Jayawijaya, Peran BMKG dalam memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat tentang perkembangan cuaca dan akibat yang ditimbulkan dan peran BNPB dalam memberikan informasi tentang perkembangan dan penyebaran Covid 19 serta cara menanggulangi apabila terjadi Bencana Alam.

Pasiter mengatakan bahwa Tujuan diselenggarakannya kegiatan apel ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Danramil dan Babinsa dalam melaksanakan pembinaan teritorial guna mewujudkan Ruang Alat dan Kendali Juang yang tangguh dan kemanunggalan TNI – Rakyat serta membantu Pemda dalam mewujudkan pembangunan dan wawasan kebangsaan di tengah masyarakat.

Lebih lanjut Pasiter mwngatakan bahwa Kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang aplikasi Binter dan cara mengatasi  permasalahan sesuai tipologi wilayah yang menjadi tanggung jawabnya guna mendukung tugas pokok TNI AD.

Kemampuan dalam mengaplikasikan hukum di lapangan, pembinaan satuan tingkat Koramil, kemampuan menggunakan media sosial dengan baik dan benar,” tutup Kapten Aprin.

Hadir dalam kegiatan tersebut seluruh jajaran Danramil, perwakilan Babinsa dari masing-masing Koramil jajaran serta pemateri. ###

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *