Pangdam XVII/Cend Kunjungi Wamena Dalam Rangka Hadiri Kegiatan Bakar Batu Serentak Untuk Menyambut dan Memasuki Bulan Kasih

  • Whatsapp

Media www.rajawalisiber.com – Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono melakukan kunjungan kerja ke Wamena, ibukota Kabupaten Jayawijaya, Papua dalam rangka menghadiri Kegiatan Bakar batu serentak untuk menyambut dan memasuki bulan kasih dengan thema ” BERSAMA KITA KUAT DALAM IMAN PENGHARAPAN DAN KASIH”. Yang diikuti -+ 500 orang.

Pangdam Cenderawasih, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono didampingi Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan beserta rombongan tiba di Wamena menggunakan pesawat angkut Harkules  langsung dijemput para  petinggi TNI dan Polri serta unsur Pemerintah Daerah yang berada di wilayah Kab. Jayawijaya,” (Selasa, 01/12/20).

Setelah beristirahat sejenak, Pangdam beserta rombongan langsung menuju lokasi kegiatan bertempat di Kantor LMA Jayawijaya Jln. Maplima Distrik Wouma Kab. Jayawijaya.

Diawali dengan do’a yang dibawakan oleh Pastor Kornelis Kopon, kemudian dilanjutkan sambutan sambutan yang sampaikan diantaranya:

Bapak Carlos Huby (Ketua LMA Jayawijaya) mengatakan Dalam menyambut Bulan Kasih ini, diharapkan kepada seluruh warga  Wamena harus menjaga keamanan. Apabila ada hal-hal menonjol yang bisa menganggu keaman tersebut  agar segera melapor ke Pihak keamanan baik Polres maupun Kodim.

Saya ucapkan selamat datang bapak Pangdam dan rombongan, dengan   menginjakan kakinya di Wamena ini berarti bapak Pangdam sudah menginjak Papua karena Wamena jantungnya Papua,” ucap bapak Kornelis

Dalam sambutannya Befa Jigibalom, M.Si (Bupati Lanny Jaya/Ketua Asosiasi Bupati Peg. Tengah) mengatakan Tuhan sudah mengatur kegiatan ini, semoga dengan kehadiran Bapak Pangdam dapat membawa berkah untuk kita semua, karena pada bulan ini kita akan merayakan Natal.

Tugas Para Bupati adalah mengawal semua Kesejahteraan Masyarakat. Selamat memasuki Natal, di Bulan ini mari kita Menata Hati Untuk Masa Depan. Apabila Pemerintah Berbicara, Rakyat Mendukung semua bisa berjalan baik untuk memajukan Negeri ini,” pungkas Bapak Befa.

Adapun sambutan dari  Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono (Pangdam XVII/Cen), beliau mengatakan ucapan terima kasih kepada Forkopimda dan seluruh masyarakat Jayawijaya yang telah meyambut kedatangannya bersama rombongan  dengan baik dan suka cita. Saya baru saja ditunjuk sebagai Pangdam XVII/Cend menggantikan Mayjen TNI Herman Asaribab. Wamena merupakan kota pertama saya melakukan kunjungan kerja. Itu berarti, Wamena menjadi pusat perhatian kami lantaran wilayah ini sebagai salah satu pusat kebudayaan asli Papua,” katanya.

Pangdam mengakui kalau banyak orang sering mengatakan bahwa Wamena merupakan jantungnya tanah Papua dan apabila datang ke Papua namun belum menginjakkan kaki di Wamena maka itu berarti belum datang ke tanah Papua.

“Dan untuk prajurit yang bertugas di Wilayah ini saya berpesan wajib membangun jalinan persaudaraan dengan masyarakat asli Papua  dan menghargai budaya asli Papua sebagai bagian integral dari kebudayaan Nasional Indonesia. Jadikan masyarakat Papua sebagai orangtua sendiri dimanapun kita bertugas,” pesan Mayjen Ignasius

Bertepatan dibulan  Kasih ini mari kita saling bergandengan tangan jangan hianati dan nodai dengan perbuatan perbuatan negatif/tidak baik. TNI/Polri, Pemda dan Masyarakat harus saling bersinergi agar wilayah ini aman dan kondusif, sehingga proses pembangunan berjalan dengan baik terutama dibidang ekonomi.

Papua adalah Tanah berkah, yang diberikan agar kita bisa saling berbagi Kasih dengan seluruh masyarakat khususnya yang ada di wilayah Jayawijaya ini.

Dengan masih mewabahnya pandemi Covid 19 ini, kita harus selalu mematuhi Protokol Kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah. Kurangi kegiatan yang sekiranya dapat merugikan diri maupun orang lain. Mari kita isi Bulan Kasih ini dengan kegiatan kegiatan yang bermanfaat,” ucapnya.

Diakhir sambutannya Pangdam berpesan Hargailah tradisi dan budaya masyarakat asli Papua. Bangunlah kerja sama dengan semua komponen masyarakat tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras dan golongan. Kita semua bersaudara sebagai anak-anak sebangsa dan setanah air Indonesia,” tutup Mayjen Ignasius

Setelah memberikan sambutannya, dilanjutkan  pembagian bingkisan secara simbolis dan topi senter claus oleh Pangdam kepada perwakilan masyarakat, kemudian rombongan menuju lokasi bakar batu yang telah disiapkan oleh panitia kegiatan.

Sebelum kembali ke Jayapura Pangdam beserta rombongan menyempatkan mengunjungi situs Budaya MUMI Distrik Kurulu, Goa Lokale Distrik Usilimo dan Pasir Putih Distrik Pisugi. ###

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *