PANGLIMA TNI TERIMA AUDENSI KETUA PARISADA HINDU DHARMA INDONESIA

0
127

“Melalui Catur Brata Penyepian Kita Tingkatkan Soliditas Sebagai Perekat Keberagaman Dalam Menjaga Keutuhan NKRI”.

Media Rajawali Siber ,Jakarta- (Puspen TNI). Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menerima audensi Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya yang didampingi Ketua Panitia Perayaan Nasional Hari Raya Nyepi tahun 2018 Laksda TNI I Nyoman Gede Ariawan beserta rombongan, bertempat di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (6/3/2018).

Dalam audensi tersebut ketua panitia melaporkan secara umum rencana pelaksanaan Perayaan Hari Raya Nyepi yang akan dihadiri oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo dan Wakil Presiden RI M. Yusuf Kalla, bertempat di GOR Ahmad Yani Mabes TNI yang akan direncanakan antara tanggal 6 s.d. 8 April 2018, dengan tema “Melalui Catur Brata Penyepian Kita Tingkatkan Soliditas Sebagai Perekat Keberagaman Dalam Menjaga Keutuhan NKRI”.

Menurut Ketua Panitia Laksda TNI I Nyoman Gede Ariawan, dalam rangkaian kegiatan perayaan Hari Raya Nyepi tahun 2018 atau Tahun Baru Saka 1940 yang jatuh pada tanggal 17 Maret 2018 yang akan datang ada 4 (empat) pokok kegiatan yang akan dilaksanakan, yaitu pertama, seminar inspirasional yang sudah dilaksanakan pada tanggal 24 Februari 2018 dihadiri tokoh-tokoh lintas agama. Kedua, kegiatan ritual dengan upacara Tawur Agung Kesanga yang akan dilaksanakan tanggal 16 Maret 2018 di Candi Prambanan Jawa Tengah. Ketiga, Bakti Sosial dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2018 mendatang, kegiatannya meliputi Yoga massal yang diikuti oleh berbagai umat. Kemudian penyuluhan tentang bahaya Narkoba, donor darah dan penanaman pohon di daerah Gunung Salak Bogor.

Sedangkan kegiatan keempat, puncaknya yaitu Dharma Santi seperti halal bihalal bagi umat Islam yang dilaksanakan di Mabes TNI yang akan direncanakan antara tanggal 6 s.d. 8 April 2018, dengan mengundang perwakilan negara sahabat yang ada di Indonesia, tokoh-tokoh lintas agama dan juga umat Hindu se-Jabodetabek.

“Dari kegiatan tersebut, output yang diharapkan adalah bagaimana kita bisa merekatkan keberagaman yang ada di Republik tercinta ini untuk menjaga keutuhan NKRI,” ujar Laksda TNI I Nyoman Gede Ariawan.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya mengatakan bahwa umat Hindu Indonesia berkomitmen untuk menjaga toleransi dan kerukunan antar umat beragama di Indonesia.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyambut baik dan akan mendukung sepenuhnya pelaksanaan Perayaan Hari Raya Nyepi yang rencananya dilaksanakan di Mabes TNI, diharapkan pelaksanaannya direncanakan dengan baik.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan panitia Perayaan Nasional Hari Raya Nyepi dilaksanakan di Mabes TNI, kami akan membantu sepenuhnya demi kelancaran acara tersebut, semoga berjalan dengan lancar dan tertib,” tutup Panglima TNI.Red

Autentikasi :
Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Inf Bedali Harefa, S.H.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here