Pernyataan Direktur Nasional Inteljen Grenell di AS Berniat untuk Menarik diri dari Perjanjian Open Skies

  • Whatsapp

WASHINGTON, D.C. Amerika Serikat, Media www.rajawalisiber.com ( 21 Mei 2020 ) – Penjabat Direktur Intelijen Nasional Richard Grenell hari ini mengeluarkan pernyataan berikut tentang Amerika Serikat yang secara resmi mengajukan niatnya untuk menarik diri dari Perjanjian Open Skies:

“Selama bertahun-tahun, Rusia secara sistematis telah melanggar ketentuan-ketentuan Perjanjian Open Skies yang merugikan Amerika Serikat, sekutu kita, dan mitra. Tidak ada negara yang boleh mentolerir pelanggaran perjanjian semacam itu dan kami mengambil tindakan untuk memperbaiki kesalahan ini. Amerika tidak bisa menjaga langit terbuka untuk penerbangan pemantauan Rusia, sementara Rusia tidak mau membalas dengan syarat yang sama. Pelanggaran perjanjian Rusia telah merusak tujuan utama perjanjian itu sementara membahayakan negara-negara tetangganya dan membahayakan keamanan nasional A.S.

William Evanina, Direktur Pusat Kontra-Intelijen dan Keamanan Nasional (NCSC), sebuah pusat di dalam Kantor Direktur Intelijen Nasional, mengeluarkan pernyataan berikut mengenai dampak kontra-intelijen dari pengumuman:

“Tindakan ini adalah pengembangan yang disambut baik bagi komunitas kontra intelijen A.S. Selama bertahun-tahun, Rusia telah menggunakan Perjanjian Open Skies untuk mengumpulkan intelijen tentang infrastruktur sipil dan situs sensitif lainnya di Amerika, yang menimbulkan risiko yang tidak dapat diterima untuk keamanan nasional kita.”

###

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *