POLRES MIMIKA TANGANI KASUS PENGANIAYAAN TERHADAP JURNALIS YANG DI LAKUKAN OLEH OKNUM ANGGOTANYA

“Saldi Hermanto, koresponden media Okezone dianiaya oleh beberapa personel polisi dari Polres Mimika akibat unggahan statusnya di media sosial.”

Media Rajawali News Online ,JAYAPURA Indonesia – Kebebasan berekspresi di Papua benar-benar dalam keadaan memprihatinkan. Pada hari sabtu malam tanggal 11 november 2017 telah terjadi tindak penganiayaan yang dilakukan oleh oknum anggota Sabhara Polres Mimika kepada korban atas nama Saldi Hermanto yang berprofesi sebagai Wartawan.

Penyebabnya bermula karena korban yang diketahui bernama Saldi Hermanto mengunggah status di akun media sosialnya yang mengkritik cara aparat keamanan menghadapi tindak kekerasan di Papua. Mereka sering kali menggunakan tindak represif. Saldi mengaku tidak menyebut institusi di dalam unggahan itu. Namun, tidak lama pasca mengunggah status tersebut ia di jemput oleh Anggota Dalmas Polresta Mimika.

Dalam Siaran Pers Kabid Humas Polda Papua Kombespol Drs A.M Kamal SH menjelaskan ,” Kejadian tersebut diatas berawal dari korban tidak simpatik kepada anggota yang merespon TKP Perkelahian di pasar malam yang mana anggota Dalmas datang mengejar pelaku namun pelaku berhasil melarikan diri. Akibat dari kejadian tersebut korban bersama anaknya terjatuh sehingga korban emosi dan menggunggah status di facebook dan membuat kata Makian kepada Kepolisian.”jelasnya

,”Atas unggahan tersebut Oknum Anggota Dalmas mencari Penggunggah An. Saldi Hermanto, sehingga korban di jemput di warung Jl Budi utomo ( depan Pos Lantas ) oleh Oknum Anggota Dalmas, kemudian di bawa ke Pos Pelayanan Terpadu setelah berada di Pos terpadu tersebut beberapa oknum anggota Dalmas melakukan pemukulan pada bagian wajah dan di tendang pada bagian belakang. “Tegasnya

Kapolres Mimika AKBP Victor D Mackbon mengakui perbuatan itu memang dilakukan oleh anggotanya terhadap seorang jurnalis.

“Tindakan itu tidak profesional sebagai anggota Polri. Dan sangat mencederai hubungan baik kami dengan media,” ujar Victor.

Kabid Humas Polda Papua Kombespol Drs A.M Kamal SH mengatakan bahwa ,” saat ini Oknum Anggota Dalmas yang melakukan pengeroyokan terhadap saudara Saldi Hermanto telah diamankan di Polres Mimika dan para pelaku masih dalam pemeriksaan Propam Polres Mimika.”jelasnya

Polisi sejauh ini sudah menerima pelaporan dari Saldi. Wakapolres pun telah menemui Saldi untuk meminta maaf dan melakukan perawatan terhadap korban.

Polisi juga telah menangkap para pelaku. Mereka tengah menjalani pemeriksaan di Propam Polres Mimika.

“Jika ada anggota Polri yang terbukti melakukan penganiayaan maka akan diproses sesuai dengan kode etik kepolisian dan hukum pidana,” kata Ahmad.Red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *