PT CIM TRANSPOTER  ANGKUT LIMBAH B3 MILIK PT SURABAYA MEKA BOX OPEN DUMPING DI DAERAH MANTUP KABUPATEN LAMONGAN

Gresik / Lamongan Jawa Timur, Media RAJAWALISIBER-Mantub Kabupaten Lamongan Jawa Timur jadi tempat pembuangan Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun), PT CIM adalah salah satu yang membawa atau mengirim limbah, selama ini dijalankan oleh perusahaan atau pihak ketiga Sebagai transporter.

Limbah B3 Bottom Ash yang diangkut iring iringan Dump Truk PT CAHAYA INDAH MOJOKERTO adalah milik industri PT SURABAYA MEKA BOX di kawasan Kabupaten Gresik.

 

Karena ribuan meter kubik limbah dibuang sembarangan di sebuah lahan di Mantub Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Tidak diolah sebagaimana diatur Peraturan Pemerintah Nomor 101 tahun 2014.Dari Investigasi team RAJAWALISIBER setiap harinya di Daerah Mantub Kabupaten lamongan dihasilkan  kurang lebih ribuan meter kubik limbah B3 yang mencemari dan merusak lingkungan hidup.

“Selama proses industrialisasi di Indonesia, hanya satu tempat pengolahan limbah B3 yaitu di Cileungsi, Kabupaten Bogor. Di Jawa Timur belum ada.”

Informasi yang di dapat team RAJAWALISIBER Ongkos transporter cukup tinggi, per satu meter kubik bisa mencapai Rp4-5 juta. Yang sering dipermainkan, limbah itu oleh transporter tidak dibawa ke Bogor untuk diolah, tapi dibuang atau open dumping 

Limbah B3 yang dihasilkan di Lamongan terdiri dari lumpur pengolahan limbah cair atau sludge IPAL, partikulat fly ash dan bottom ashsteel slag, serta oli dan bahan kimia bekas.

Data Badan Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur tahun 2014 menyebutkan, dari 51 jenis industri di Jawa Timur, limbah B3 yang dihasilkan Kabupaten Gresik mencapai 13 juta ton per tahun atau 66 persen dari keseluruhan limbah B3 di Jawa Timur. Disusul Surabaya dengan 3,5 juta ton, Pasuruan 1,6 juta ton, dan Jombang 690 ribu ton per tahun.

Hingga kini, sebagian besar limbah B3 di Jawa Timur belum dikelola dengan benar, karena kurangnya sarana pengolahan sesuai standar keamanan lingkungan.

Seharusnya tempat untuk pengolahan limbah B3 Industri di Gresik paling mungkin ya di Gresik, karena banyak industri di Gresik supaya biayanya tidak terlalu mahal.

Jika memang ada usulan di tempat lain bisa saja yang penting Jawa Timur punya pengolahan limbah B3 sendiri,

Tim Investigasi RAJAWALISIBER menemukan indikasi adanya jasa pengangkutan limbah B3, dari industri di Gresik untuk bahan pengolahan batu bata di daerah Mantub Kabupaten Lamongan.  (Team Investigasi RAJAWALISIBER)

( Video Dump Truk Transpoter PT CAHAYA INDAH MOJOKERTO muat limbah B3 Bottom Ash milik PT SURABAYA MEKA BOX )

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *