PT MASPION I BUANG LIMBAH SAMPAH INDUSTRI DI DUSUN KARANGASEM PIHAK PIHAK TERKAIT TUTUP MATA ATAU TUNGGU KORBAN BERJATUHAN

 

Gresik Jawa Timur, Media RAJAWALISIBER- Warga Dusun Karangasem Desa Karangandong Kecamatan Driorejo Kabupaten Gresik untuk beberapa tahun ini resah yang tinggal di dekat kawasan lahan kosong yang di jadikan Dumping limbah B3 Bottom Ash oleh Pt Suparma Tbk , Bahkan beberapa tahun ini di atas timbunan urukan Bottom Ash tersebut di jadikan tempat pembuangan sampah industri, dan sekarang warga kembali angkat suara terkait pencemaran lingkungan akibat limbah sampah  industri Pt Maspion I .

Praktik nakal seperti ini marak terjadi di Gresik yang di lakukan oleh industri industri pengahasil limbah dengan modus yang beragam. Salah satu modus yang disoroti warga adalah modus penimbunan limbah berbahaya di lahan kosong.

”Banyak yang begitu. Daripada bayar mahal-mahal untuk mengurus limbah industri, mereka pilih menimbunnya di lahan kosong,” kata pengelola limbah industri yang meminta namanya tidak di publikasikan.

Saat team investigasi mencoba menelusuri titik-titik yang diduga menjadi lokasi penimbunan limbah industri di kawasan lahan kosong milik Pt Suparma Tbk , dan menurut nara sumber team investigasi RAJAWALISIBER Di lahan kosong tersebut sudah bertahun tahun menjadi tempat pembuangan sampah limbah industri Pt Maspion I

team Investigasi mendapati lahan yang terlihat tak terkelola dengan baik, dan saat team Investigasi dilokasi lahan tersebut, tampak truk tronton Kota Madya Surabaya memasuki lahan tersebut dan membuang sampah di lokasi lahan milik Pt Suparma Tbk.

Selain menimbun limbah sampah Industri di lahan tersebut, truk tronton tersebut sangat janggal karena apa bisa truk milik Kota Madya Surabaya buang limbah sampah industri di kawasan Kabupaten Gresik.

Menurut warga, praktik tersebut tak terpantau oleh pihak terkait karena Menurut warga sekitar di pintu masuk lokasi ada kantor milik pdam dan kegiatan ilegal ini cukup meresahkan warga. Mereka khawatir lingkungan akan tercemar oleh limbah tersebut.

”Kalau dampak jangan ditanya lagi. Sudah banyak masyarakat resah sebenarnya, tapi tak tahu harus lapor kemana. Cobalah tanya warga warga yang lain pak, pasti mengeluh. Sudah tak sehat lingkungan dekat lahan ini,” kata warga yang juga meminta namanya jangan di tulis.Red

Catatan :

Dampak Pencemaran Limbah Pabrik

Pencemaran merupakan peristiwa yang dapat merugikan makhluk hidup. Ada banyak sekali dampak yang dapat ditimbulkan dari pencemaran limbah pabrik ini. Dampak- dampak yang ditimbulkan ini tentu saja merupakan dampak yang buruk. Adapun dampak- dampak yang dapat muncul sebab adanya pencemaran limbah pabrik ini antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Dampak bagi kesehatan

Dampak kesehatan yang ditimbulkan dari limbah pabrik ini antara lain adalah sebagai berikut:

  • Menyebabkan adanya sampah beracun.
  • Timbul penyakit yang menular dari rantai makanan Timbulnya penyakit jamur.
  • Menyebabkan penyakit kolera, diare, dan tifus. Timbul sampah yang dapat menimbulkan penyakit yang berhubungan dengan tikus.Timbul sampah yang akan menjadi tempat perkembang biakan lalat sehingga mudah menularkan infeksi.

2. Dampak bagi lingkungan

Selain akan berdampak pada kesehatan, adanya limbah pabrik ini juga dapat menyebabkan dampak buruk bagi lingkungan. Adapun beberapa dampak negatif yang disebabkan oleh limbah pabrik bagi lingkungan antara lain adalah sebagai berikut:

  • Menurunnya kualitas lingkungan
  • Menurunnya estetika atau nilai keindahan lingkungan Terhambatnya pengembangan negara Membuat lingkungan kurang nyaman untuk ditempati Membuat makhluk hidup yang terkena pencemaran menjadi musnah atau mati.

Itulah beberapa dampak negatif yang dapat timbul akibat adanya pencemaran yang dilakukan oleh industri pabrik bagi lingkungan. Maka dari itulah bagi masyarakat yang bertempat tinggal di daerah yang merupakan daerah limbah sampah industri maka hal mengenai limbah ini harus selalu diwaspadai agar tidak merusak lingkungan.

Dampak Buruk Sampah Plastik, dengan bahan-bahan beracun yang terkandung di dalamnya, dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan maupun lingkungan. Dampaknya yang serius bila masuk ke dalam tubuh dapat memicu terjadinya:

  • Kanker.
  • Endometriosis.
  • Kerusakan saraf.
  • Disrupsi endokrin.
  • Cacat lahir.
  • Kelainan perkembangan anak.
  • Gangguan kesuburan.
  • Gangguan organ reproduksi.
  • Kerusakan sistem imun.
  • Asma.
  • Kerusakan organ multipel.

Bagi lingkungan, plastik dapat menimbulkan pencemaran, baik di tanah, air, maupun udara. Di tanah plastik dapat menghalangi peresapan air dan sinar matahari, sehingga mengurangi kesuburan tanah dan dapat menyebabkan banjir.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *