TIDAK ADA JAMINAN NETRAL JIKA PEJABAT GUBERNUR DARI NON TNI ATAU POLRI

“Soal netralitas TNI/Polri menjadi Pj gubernur itu kan masih debatable. Lalu, apakah kalau bukan dari TNI/Polri ada jaminan? Jadi, masalah netralitas itu masih pro dan kontra,”

Media Rajawali Siber ,Jakarta- Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menegaskan jika soal netralitas itu tidak ada jaminan meski dari bukan TNI/Polri. Hal tersebut disampaikannya menanggapi pro kontra pejabat tinggi TNI/Polri menjadi pejabat (Pj) Gubernur, yang diusulkan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Selasa 30 Januari 2018

Menurut Bambang, tak ada jaminan netralitas bisa dijaga meski penjabat kepala daerah bukan berasal dari TNI-Polri.

“Soal netralitas TNI/Polri menjadi Pj gubernur itu kan masih debatable. Lalu, apakah kalau bukan dari TNI/Polri ada jaminan? Jadi, masalah netralitas itu masih pro dan kontra,” tegas politisi Golkar itu di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (30/1/2018).

Namun demikian menurut mantan Ketua Komisi III DPR itu, saat ini pemerintah harus mengambil langkah untuk meredam spekulasi tersebut. Bamsoet sendiri yakin pemerintah akan mendengar aspirasi publik dalam menunjuk pejabat sementara kepala daerah dalam Pilkada 2018.

“Jadi, spekulasi atau pro dan kontra itulah yang harus diminimalisasi oleh pemerintah, dan pemerintah sekarang sudah mendengar aspirasi publik dan mengambil langkah-langkah untuk yang meminimalkan kegaduhan politik,” katanya.

Diketahui, sebelumnya dua perwira tinggi Polri yaitu Asisten Operasi (Asops) Kapolri Inspektur Jenderal Mochamad Iriawan yang diproyeksikan menjabat Penjabat Gubernur Jawa Barat, dan Kepala Divisi Propam Polri Inspektur Jenderal Martuani Sormin yang diusulkan sebagai Penjabat Gubernur Sumatera Utara. (Sumber DPR RI),Red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *