WARGA GELAR AKSI DEMONTRASI HAMA LALAT PENUHI PEMUKIMAN AKIBAT LIMBAH PT SIPP BENGKALIS

0
573

Curigai Izin Ilegal, LSM DPP-LPPAN-RI Menyurati PT. SIPP Duri. Warga Gelar Aksi Demo Hama Lalat Penuhi Pemukiman Akibat Limbah

Duri Riau, Media RAJAWALISIBER – Seperti yang sudah pernah di lansirkan oleh Media ini beberapa pekan yang lalu mengenai adanya dugaan pencemaran lingkungan akibat limbah dari Pabrik Kelapa Sawit PT. Sawit Inti Prima Perkasa (PT. SIPP) Duri di Km-6 jalan Rangau Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis Riau ini, yang menyita perhatian hampir seluruh element Masyarakat Kota Duri risau akibat ulah dan aktifitas PT. SIPP tersebut.

Dengan mendapatkan informasi dari laporan publik oleh beberapa Media yang bertugas di Kota Duri, oleh team LSM, Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Penyelamatan dan Pemanfaatan Asset Negara Republik Indonesia (DPP-LPPAN-RI) yang di dampingi oleh beberapa dari kalangan Media dan Wartawan berbasic Investigasi turun langsung ke area Pabrik Kelapa Sawit PT SIPP Duri yang sedang beroperasi di rangau untuk mengumpulkan data-data serta bukti lapangan sesuai fakta Hukum.

Usaha kerja sama para Aktivis yang berbeda ideologi idealisnya membuahkan hasil dengan menaruh kecurigaan yang kuat terhadap keberadaan Pabrik Kelapa Sawit PT. SIPP Duri diduga kuat tidak sesuai dengan izinnya atau belum memiliki izin sesuai dengan di amanatkan oleh Undang-undang yang berlaku, sehingga LSM, DPP-LPPAN-RI melayangkan suratnya untuk Konfirmasi secara resmi tentang legalitas Perusahaan PT. SIPP yang meresahkan Warga Masyarakat yang berada di lingkungannya.

Memang tidak di pungkiri dengan adanya Kehadiran Investor di tengah-tengah  masyarakat itu memang sangat di harapkan oleh segenap lipasan masyarat untuk meningkatkan perekonomian dan dan mampu menciptakan kesehatan bagi lingkungan Masyarakat tempat beroperasinya.

Namun pihak Perusahaan PT. SIPP Duri di anggap tidak mampu mencipkan lingkungan Kesehatan dan Kesejahteraan bagi Warga sesuai dengan perintah Undang-undang, dan sehingga Warga menggelar aksi Demo oleh Masyarakat yang sudah tidak sanggup lagi menerima serangan Hama Lalat yang memasuki pemukiman dan memenuhi setiap sudut rumah warga ditambah bau busuk yang menyengat hidung Masyarakat sehingga para Balita dan Orang tua lanjut usia berjatuhan sakit menderita penyakit wabah yang menjalar kepada Masyarakat.

Ketua Umum DPP-LPPAN-RI menerangkan pada 11/07/18 kepada Media ini, kami sangat mencurigai perusahaan PT. SIPP Duri tersebut belum memiliki izin yang resmi sehingga aktifitas mereka menimbulkan keresahaan bagi Masyarakat di lingkungannya,”ungkap Amir Muthalib saat di minta keterangannya oleh beberapa Wartawan pada saar itu.

Pria berkaca mata itu juga mengatakan pihaknya sudah melayangkan suratnya kepada pihak PT. SIPP Duri tertanggal 04 Juli 2018 dengan nomor surat No.048/K-m.PKS/DPP-LPPAN-RI/07/2018 untuk membuktikan keabsahaannya sebuah perusahaan yang diamanatkan oleh Undang-undang No. 23 Tahun 1997 Tentang lingkungan Hidup,

Apabila surat kami tidak di indahkan oleh pihak Perusahaan PT. SIPP Duri, maka kami akan mengambil langkah Hukum selanjutnya untuk membela Hak-hak Warga Masyarakat dan demi menyelamatkan Asset-asset lingkungan,”tambahnya lagi oleh lelaki yang berkulit sawo matang ini dengan rawut wajah yang sedikit terpancar emosinya.(team. Invest)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here