Penjelasan Mitos Pasangan Wage-Pahing (Primbon Jawa)

  • Whatsapp

Aku Bangga Menjadi Ketururan Leluhur Orang Jawa

Media www.rajawalisiber.com – Bagi masyarakat Jawa sudah biasa mendengar “mitos” tentang seorang dengan pasaran Wage “tidak boleh” dipasangkan dengan pasaran Pahing. Kalaupun dipaksakan maka hasilnya akan kurang baik. 

Walau begitu banyak orang tua yang tidak bisa menjelaskan hal tersebut dengan memuaskan, terutama bagi generasi muda. Untuk itu kita akan belajar memahami ungkapan tersebut dengan bijak. 

Sebelum itu yang harus dipahami adalah bahwa “baik dan buruknya” pernikahan dipengaruhi oleh banyak hal, yang salah satunya adalah kombinasi kedua pasaran calon. 

Layaknya ketika ada dua buah Apel diatas meja, dengan yang satu kualitasnya baik dan yang satunya kurang baik. Ketika ditanyakan kenapa Apel A baik kualitasnya, sedangkan Apel B kurang baik? maka jawabannya adalah karena banyak faktor. Mulai dari bagaimana bibitnya, media tanamnya dan perawatannya. Sehingga menghasilkan buah Apel dengan kualitas yang tidak sama. 

Demikian juga dengan pernikahan, yang tidak hanya dipengaruhi oleh satu faktor.   

Pahamilah bahwa pasaran Wage berelemen Air, sedangkan pasaran Pahing berelemen Api. Dan harus dipahami bahwa setiap kombinasi Pasaran ada sisi positif dan negatif, tergantung dari sisi mana melihatnya. 

Karakter Wage cenderung menjadi “pemberontak”, pemikir dan memiliki power besar. Di sisi lain karakter Pahing cenderung aktif, penuh cinta kasih, namun juga mudah “terbakar”. Orang Pahing lebih mudah “diprovokasi”, tentu ini dari satu sudut pandang. 

Ketika Air dan Api bertemu, disatu sisi mereka punya hidup yang berbeda. Bahkan memang ada sisi yang tidak bisa “disatukan”. Dari sudut pandang inilah muncul anggapan bahwa orang Wage “tidak boleh” dipasangkan dengan pasaran Pahing.

Namun disisi lain kombinasi Wage dengan Pahing ini adalah kombinasi yang berpotensi menciptakan perubahan – perubahan besar. Layaknya pertemuan kutub positif dengan kutub negatif pada listrik yang menciptakan cahaya. 

Dari sisi ini kombinasi Wage dengan Pahing memiliki keuntungan yang sangat besar untuk melakukan perubahan. Penting untuk memahami kedua sisi itu secara utuh(sisi positif negatif). Kemudian apa yang mempengaruhi kombinasi itu sehingga bisa menghasilkan akibat positif atapun negatif? Dalam banyak kasus, yang terjadi berbeda -beda. 

Ada Gehing yang baik, juga ada Gehing yang kurang baik. Ternyata salah satu pemegang kuncinya adalah energi pada waktu pernikahan berlangsung (waktu nikah).

Keberhasilan kombinasi Gehing besar dipengaruhi ketepatan pencarian hari nikah yang cocok. Pahamilah dengan bijak, kiranya menambah kesadaranmu. Rahayu…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *