Anti-SLAPP – akankah jurnalis lebih terlindungi?

Daniel Simons and Linda Ravo

Source The European Investigative Journalism Conference

“Jurnalisme yang menjadi sumber inspirasi sudahkah anda merasa nyaman, dalam menjalankan investigasi?”

by 

Media www.rajawalisiber.com – Kedengarannya rumit dan teoretis tetapi dapat menjadi ancaman serius bagi jurnalis investigasi: “Gugatan Strategis terhadap Partisipasi Publik”, juga dikenal sebagai SLAPP.  Ini adalah kasus pengadilan yang diajukan oleh orang-orang berkuasa terhadap jurnalis untuk mengintimidasi dan membungkam mereka, atau memperumit pekerjaan mereka.

SLAPP telah menjadi semakin umum di UE, bahkan di negara-negara dengan tradisi panjang demokrasi dan perlindungan kebebasan berbicara.

Pada akhir April, Komisi Eropa merilis paket anti-SLAPP untuk melindungi jurnalis, LSM, dan lainnya, dan Dewan Eropa juga sedang mempersiapkan pedoman anti-SLAPP untuk negara-negara anggota.  Apa yang akan diubah oleh inisiatif-inisiatif ini?  Akankah mereka membantu – dan bagaimana caranya?  Di mana kekurangan mereka?

Penasihat hukum senior Linda Ravo (Civil Liberties Union for Europe) dan Daniel Simons (Greenpeace International) mengikuti inisiatif tersebut.

Di Dataharvest, mereka akan memberi tahu Anda apa yang telah terjadi dan mendiskusikan apa lagi yang harus dilakukan, dimoderatori oleh jurnalis investigasi senior Hans-Martin Tillack.

Leave a Reply

Your email address will not be published.